5 Kejadian Alam Paling Misterius di Dunia

15.50 Patricia 0 Comments

Fenomena alam merupakan peristiwa yang terjadi bukan karena akibat perilaku manusia melainkan fenomena alami yang terjadi berdasarkan pandangan fisika. Fenomena alam yang terjadi di bumi ini ada yang berbahaya ataupun tidak misalnya seperti hujan yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari dan tidak membahayakan. 

Tetapi disisi lain terdapat fenomena alam yang membahayakan seperti Tsunami dan Gunung Meletus dan tidak semua fenomena alam terjadi secara wajar dan apa adanya bahkan beberapa fenomena alam yang terjadi dapat dikatakan aneh dan jarang sekali terjadi dan proses fenomena alam tersebut dapat dikatakan ajaib. Berikut lima misteri fenomena alam yang pernah ada.

1. Ombak Bioluminescent


Ombak biasa terbentuk dari gulungan air yang mendapatkan dorongan dari angin ke pesisir laut dan umumnya berwarna bening seperti kebanyakan air laut. Tapi tidak dengan ombak yang terjadi di Maladewa ini yang menggambarkan pemandangan luar biasa ini. 

Seolah pemandangan langit dapat dilukiskan di pesisir pantai Maladewa ini. Fenomena ini disebabkan oleh beberapa spesies dari pito plankton yang tersapu ketika terjadinya pasang surut sehingga energi yang dimiliki pito plankton berubah menjadi energi cahaya.

2. Semburan Lumpur Bledug Kuwu


Jika kamu berkunjung ke Kabupaten Grobokan Jawa Tengah tidak lengkap jika kamu tidak mampir ke objek wisata semburan lumpur bledug kuwu. Bledug kuwu sendiri dapat dikategorikan sebagai semburan kawah lumpur vulkano, uniknya letusan kawah lumpur ini setiap dua hingga tiga menit sekali secara berkala. Letupan-letupan yang dihasilkan mengeluarkan kandungan mineral tertentu yang dimanfaatkan untuk membuat konsentrat garam yang digunakan untuk proses pembuatan krupuk.

3. Hujan 'Darah'


Pada umumnya hujan turun berupa air berwarna bening atau tanpa warna namun tidak demikian dengan hujan yang terjadi di Kerala India. Pada tanggal 25 Juli dan 23 September 2001, hujan yang turun di Karala berwarna merah seperti darah, akibat peristiwa tersebut publik dibuat gempar. 

Beberapa ahli berasumsi jika hujan berwarna merah tersebut terjadi dikarenakan terbawanya alga yang berada di wilayah setempat. Akan tetapi fenomena ini masih menjadi misteri karena para ahli masih bingung kenapa alga tersebut dapat terbawah oleh hujan dalam jumlah yang sangat besar.

4. Aurora


Aurora merupakan pancaran cahaya yang bersinar warna-warni karena adanya induksi antar medan magnetik dan aurora tidak dapat ditemukan diseluruh permukaan bumi, aurora hanya terjadi di kutub utara dan kutub selatan saja. 

Aurora yang terjadi di kutub utara disebut dengan aurora borealis sedangkan aurora yang terjadi di kutub selatan disebut dengan aurora australis. Warna yang terbentuk pada aurora diakibatkan karena adanya gas di atmosfir yang bertumbukan dengan partikel yang bermuatan yang terbawa oleh angin dan matahari.

5. Crop Circle Bawah Laut


Pada tahun 2011 bukti dikembangkan oleh munculnya crop circle di area persawahan di area Sleman Yogyakarta, crop circle tersebut diduga terbentuk karena ada pendaratan UFO yang meninggalkan jejak. Berbagai spekulasi pun bermunculan, mulai dari benar-benar adanya pendaratan UFO hingga dugaan aksi iseng mahasiswa yang ingin mengekspresikan dirinya, namun lain halnya dengan crop circle yang terjadi di bawah laut di Jepang, karena crop circle di Jepang ini terjadi dibawah laut. 

Crop circle bawah laut ini pertama kali ditemukan pada tahun 1995. Diameter crop circle bawah laut ini berukuran tujuh kaki, para penyelam menamai crop circle ini dengan sebutan misteri circle. Pengamatan dan penelitian pun dilakukan untuk mencari tahu bagaimana asal usul dari crop circle ini terbentuk. 

Ternyata crop circle bawah laut tersebut terbentuk dikarenakan ulah ikan buntal yang berenang masuk dengan cepat hingga membentuk lingkaran, mereka menggunakan siripnya untuk menggali dasar laut bertekstur pasir untuk membuat crop circle yang indah. 

You Might Also Like