Begini Rahasia Orang Jepang Menghitung Dengan Sangat Cepat

18.32 Patricia 0 Comments


Orang Jepang terkenal akan kecepatan berhitungnya, selain menghitung dengan cepat hasilnya juga sangat akurat. Tidak heran Jepang menjadi salah negara maju karena sumber daya manusianya diajarkan untuk dapat menghitung cepat dengan cara yang tidak biasa, sangat berbeda dengan apa yang diajarkan kebanyakan murid di Indonesia dulu ketika masih duduk di sekolah dasar. 

Apa yang kita lakukan kalau berjumpa soal perkalian simpel 12 x 23 ? Tentu pembaca (yang mungkin mayoritas dididik dengan menerapkan cara pendidikan Indonesia) akan mengerjakan perkalian seperti di bawah ini :
'Begini Rahasia Orang Jepang Menghitung Dengan Sangat Cepat'
Apakah metode yang diajari di atas yakni satu-satunya metode? Tentu saja tidak, masih banyak cara lain. Mari kita lihat bagaimana Jepang mengajari buah hati-buah hatinya perkalian. Hmmm ternyata sedikit berbeda. Inilah yang mereka tulis dikala berjumpa soal hal yang demikian :
'Begini Rahasia Orang Jepang Menghitung Dengan Sangat Cepat'
Jadi apa maksud dari gambar garis-garis di atas? Garis diklasifikasikan dalam dua warna, saya buat merah dan biru agar memudahkan walaupun pada prakteknya warna tak perlu berbeda, yang penting mempunyai kemiringan yang sama dan saling sejalan. Kategori pertama (merah) yakni representasi dari bilangan 12. Ada 1 buah garis merah, dan 2 buah garis biru. Urutan disini penting. Tulislah dari atas ke bawah (mengapa harus begini? nanti akan terjawab). Golongan kedua (biru), yaitu representasi dari bilangan 23, yaitu 2 garis, dan 3 garis yang ditulis dari bawah ke atas. Oke, ini gampang, cuma perkara menggambar garis paralel saja.

Berikutnya, perhatikan spot potong yang terjadi dari garis-garis searah tersebut

Pertama kali aku tahu cara perkalian seperti ini, saya segera mencoba-coba beragam soal perkalian. Excited seperti si kecil yang baru belajar perkalian. Metode seperti ini mudah untuk perkalian dengan jumlah digit yang sama, dan angka satuan yang kecil (mungkin tidak lebih dari 5) karena repot sekali jikalau wajib membikin 9 garis untuk menghitung 29 x 91 atau 399 x 222. Anda bisa mencobanya sendiri di rumah.

Metode seperti ini intinya sama dengan sistem “lazim” yang saya terangkan di awal. Cuma saja metode ini lebih mengedepankan visualisasi. Penggunanya cuma menghitung berapa jumlah titik yang terjadi akibat perpotongan dua klasifikasi garis sejalan hal yang demikian.
'Begini Rahasia Orang Jepang Menghitung Dengan Sangat Cepat'
Hitung jumlah titik potong yang terjadi dari garis-garis sejalan di atas. Ya, di komponen kiri, terjadi dua titik potong. Pada bagian tengah, ada tiga dan empat spot potong, serta bagian paling kanan ada enam spot potong. Sekarang mari kita lihat bagaimana hasil perkaliannya. Caranya, bagian paling kanan, adalah representasi dari satuan, ialah 6. Di tengah, ada 3 dan 4, jumlahkan kedua bilangan hal yang demikian sehingga kita dapat 7 sebagai puluhan. Dan terkahir di bagian paling kiri, 2 sebagai ratusan. Sehingga kalau dijumlahkan, kita akan mendapat hasil 276.
'Begini Rahasia Orang Jepang Menghitung Dengan Sangat Cepat'
Pertama kali aku tahu cara perkalian seperti ini, aku segera mencoba-coba bermacam-macam soal perkalian. Excited seperti buah hati yang baru belajar perkalian. Metode seperti ini mudah untuk perkalian dengan jumlah digit yang sama, dan angka satuan yang kecil (mungkin tak lebih dari 5) sebab repot sekali jikalau semestinya membikin 9 garis untuk menghitung 29 x 91 atau 399 x 222. Anda dapat mencobanya sendiri di rumah.

Sistem seperti ini intinya sama dengan sistem “biasa” yang aku terangkan di permulaan. Hanya saja metode ini lebih mengedepankan visualisasi. Penggunanya cuma menghitung berapa jumlah spot yang terjadi imbas perpotongan dua kelompok garis sejajar hal yang demikian. 

Untuk lebih jelasnya simak video dibawah ini.



Sumber: https://adrianpradana.com

0 comments: